Selasa, 06 November 2012

tanaman herbal

  • sambiloto
        Tanaman ini tumbuh di dataran rendah. Ketinggian dapat mencapai 700 m dpl. Sambiloto berkembang biak dengan biji.
deskripsr habitus herba, semusin, tinggi 500 cm, batang berkayu, pangkal bulat, muda segi empat tua bulat, hijau, daun tunggal, bulat telur, panjang 5 cm, lebar 1,5 cm, hijau, bunga majemuk, bertandan, di ketiak daun dan di ujung cabang, kelopak lanset, pangkal berlekat, akartunggal. putih kecoklatan.
kegunaan tumbuhan ini : menyembuhkan tifus, TBC paru-paru, batuk rejan, kencing nanah, demam, penyakit kulit, diabetess, radang telinga masuk angin, penambah nafsu makan, hidung berlendir, sakit gigi, obat tetes telinga.











  • Cabe jawa
        Tanaman ini sangat cocok di tanam di tanh yang tidak lembab dan porus(banyak mengandung pasir). Tumbuh ini mempunyai ketinggian 0-600 m dpl. pengembangbiakannya melalui stek / biji
kegunaan : obat kuat, membersihkan rahim sehabis melahirkan, batuk, pecernaan terganggu, bronkitis, ayan, demam setelah melahirkan, menguatkan paru-paru, lambung, jantung, liver, dan sakit gigi.










  • Kamboja
     Tanaman ini sering tumbuh di pekuburan. tumbuh subur di dataran rendah sampai ketinggian 700 cm dpl. pengembangbiakannya dengan stek.
kegunaan: obat patek, pecah-pecah pada telapak kaki, borok, sakit gigi, mempercepat pecahnya bisul, daun dan akarnya sebagai obat lumpuh (dengan cara direndam).









Tidak ada komentar:

Posting Komentar