Selasa, 28 Mei 2013

cerita desa ku

Lingkungan Tempat tinggal Ku desa Mengger, Jeruk Legi

      saya  tinggal di desa Jeruk legi yang tepatnya terletak di RT 05 Mengger. Asal usul dari RT tersebut adalah tempatnya yang tinggi dari RT yang lainnya yang berada di Jeruk Legi, Tempat tersebut merupakan Desa pertama yang di tempati oleh para warga sebelumnya. sedang di tempat itu terdapat banyak tanaman Jeruk yang rasanya manis. karena hal tersebutlah desa yang saya tempati di namakan desa Jeruk legi yang RTnya diberi nama Mengger.
      Mata pencaharian di desa Jeruk Legi mayoritas di nidang agraris. mereka melakukan penanaman secara bergilir, mulai dari kacang tanah, kedelai, jagung dan terkadang di kebun juga ditanami sayur mayur untuk kebutuhan sehari-hari, misal kacang panjang, tomat, terong, cabai, dam lain sebagainya.
sebelum musim hujan tiba para petani terlebih dahulu melakukan persemaian dan lain swebagainya.
agar pada saat musim hujan tidak terlau terburu-buru.
Namun banyak pula dari penduduk yang pergi keluar deas untuk mencari nafkah guna memenuhi kebutuhan yamg semakin meningkat, kaarena jika hamya mengamdalkan hasil panen tidak akan cukup.
       Pendidikan di Jeruk legi kebanyakan hanya sampai SMP, namun untuk tahun ini banyak dari generasi mida di Jeruk legi yang  telah mengenyam pendidikan sampai denagn SMK atau malak bahkan Sarjana. Faktor yamg menyebabkan rendaaknya pendidikan di jeruk legi yaitu rendahnya pengetahuan orang tua tenteng pentingnya pendidikan dan faktor dari pendapatan. Sehingga para orang tua banyak yang menyarankan anakmya untuk lulus sampai dengan SMP saja. setelah lulus mereka di suruh bekerja membantu mencari nafkah. Karena semakin tingginya persaingan di bidang pendidikan, maka pemerintah telah melakukan kegiatan kejar paket A-C di desa Jeruk legi. yamg dilaksanakan di sekolahan SD Katongan 1 yang terdapat di RT Mbacin. di jeruk legi telah mempunyai srana pendidikan berupa gedung sekolah yaitu dari paud, TK, SD, dan SMP.
        Penduduk Jeruk legi kebanyakan memeluk agama islam, namun ada juga yang memeluk agama lain. meski demikaian kami hidup dengan rukun dan damai. di Jeruk legi banyak kegiatan keagamaan yang di lakukan misal saja pengajian bergilir, TPA yamg di laksanakan setiap hari Jumat dan minggu sore, pengajian malam minggu wage dan pengajian rutin setiap malam minggu. Di jeruk legi mempunyai 2 tempat ibadah yang berupa masjid dan musola. untuk masjid Jruk legi mempunyai 2 tempat, yaitu masjid Al-ikhlas yang terletak di Jeruk legi bagian selatan, sedamgkan masjid Ar-rohmah terdapat di Jeruk legi bagian utara. dan untuk musola juga mempumyai 2.
        Untuk memajukan desa, maka para kalanagan muda mendirikan banyak organisasi, contohnya oranisasi karangtaruna. sedangkan di dalam organisasi tersebut di buat sebuah kelompaok untuk kegiatan olah raga, misalnya Volly dan sepak bola, setiap peringatan hari besar nasional dari pihak karang teruna sering mengadakan pertandingan yang berguna menyemarakan hari nasional tersebut.
        untuk budaya, stiap tahummya di jeruk legi di adakan bersih desa yaitu rasulan. di dalam kegiatan raasulan tersebut sering kali di isi oleh tarian tradisional jawa, jathilan, pertujukan wayang kulit, dan bahkan untuk musik yang populer di zamannya sekarang kadang di gumakan untuk mengisi acara bersih desa.
        untuk limgkungannnya jeruk legi masih terlihat bersih, indah,dan hijau, udaranya masih terasa gejuk. limgkumgannya masih aman artinya masih jauh dari kejahatan, misal pencurian, perampokan, perjudian. namun jika musim kemarau tiba di jeruk legi kandang susah dalam mendapatkan air bersih. para warga harus bersusah payah mencari air untuk kebutuhan minum, tapi kalau untuk madi para warga langsung ke sungai. namun semakin berkenbangnya jaman dan alat-alat semakin canggih, para pemuka desa berusah untuk mencari bantuan kepada pemerintah. maka umtuk tahun ini di jeruk legi telah di pasang PDAM utuk mencukupi kebutuhan air bersih jika musin kemarau tiba.
         warga dusun jeruk legi juaga melakukan kegiatan peternakan yang meliputi ternak sapi yang di pelihara oleh masing-masing warga, ternak kamping yang terletak di RT sembung, ternak ayam yamg terdapat di Rt Mengger.
         selain di bidang agraris, warga dusun jeruk legi juga melakukan wirausaha. contohnya mendirikan pabrik tahu, pembuatan yempe, tempat penggilingan padi,jagung, beras dan pemarutan kelapa, membuat kerajinan dari kayu atau bahkan dari bambu.
         Untuk sarana komunikasi para warga kebanyakan sudah mempunyai sendiri-sendiri yang berupa HP. segangkan untuk transportasi sebagian besar watga juga sudah mempunyai sendiri-sendiri, dan untuk alat transportasi berupa mobil hanya di miliki oleh kalangan tertentu.
           Demikianlah sedikit cerita tentang desa tempat tinggalku. jika ada banyak salh kata saya minta maaf.                                
                              

                         terima kasih dan selamat membaca............                                                                                     

                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar