Jumat, 29 November 2013

KUNJUNGAN INDUSTRI

                                                          KUNJUNGAN INDUSTRI

      Hari Rabu, 27 November 2013 SMK Teruna Jaya melaksanakan kegiatan Kunjungan Industri bagi siswa Kelas XII yang mempunyai tujuan umum yaitu agar siswa memperoleh pengalaman tentang dunia kerja dan mekanisma kerja, siswa memahami kemajuan teknologi dalam dunia kerja, dan siswa memahami tentang peliang kerja dan kompetensi tenaga kerja. Kunjungan Industri tersebut  dilaksanakan di empat tempat di daerah sekitar Jogyakarta yaitu di Balai Besar Kulit, Karet, dan Plastik, Percetakan Tribun Jogja, Komplek Tamansari, dan Pusat Belanja Malioboro. Pukul 07.00 perjalanan mulai di berangkatkan dari sekolah SMK Teruna Jaya menggunakan armada 4 bis, setiap bisnya di isi oleh 2 jurusan yang berbeda di sertai dengan 2 guru pembimbing.

      Kunjungan Industri yang pertama di lakukan di Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik yang terletak di jalan Sukonandi Yogyakarta 9. Sesampai di sana kami semua di sambut hangat oleh seluruh karyawan. Kami di persilahkan masuk di ruang Karet Room disana diberi penjelasan sedikit tentang kerja pokok dan lingkungan Balai Besar Karet, Kertas, dan Plastik. setelah selesai kegiatan pertama di tempat tersebut kami di ajak berkeliling oleh salah satu karyawan yang ada untuk melihat cara kerja menyamakan kulit yang berupa kulit binatang buaya, sapi dan ular. Ditempat tersebut mempunyai bau yang tidak sedap tapi di tempat tersebut juga memberikan pengetahuan yang tidak kalah penting bagi kami. setelah selesai di tempat penyamaan kulit kami di ajak berkeliling melihat tempat lainnya seperti laboratorium fashion dan desaign, laboratorium riset produksi bersih dan lingkungan, laboratorium riset karet dan plastik, laboratorium acuhan dan alas kaki, laboratorium kulit dan garmen dan masih banyak lagi. Setelah berpamitan kami semua berfoto-foto di halaman depan Balai Kulit, Karet dan Plastik.

      Perjalanan dilanjutan kembali sekitar pukul 11.30 yaitu menuju ke Percetakan Tribun Jogja yang beralamatkan di jalan Nusupan Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Disana pun kita di sambut oleh salah satu dari karyawan yang ada. Kegiatan tanya jawab pun di mulai dengan hangat dan lancar meski terkadang suara bising mesin  dan suara teman-teman terdengar riuh. Setelah itu kami semua di perkenalkan bagaimana proses kerja membuat berita dari berita tersebut di kumpulkan sampai dengan berita tercetak dan di distribusikan kepada pelanggan. Percetakan Tribun Jogja menyajikan berita antara alin tentang berita DIY, Berita seputar Kabar Indonesia, Style, iklan, Jogja Life, dan Olahraga. Tak lupa kami melihat-lihat mesin yang digunakan untuk memperlancar kegiatan tersebut. Berfoto-foto pun tak terlupakan di tempat itu. Dengan senang dan semangat kami lalui.

       Setelah  dari Tribun Jogja perjalanan dilakukan menuju Kampung Batik dan Bangunan Sejarah Komplek Tamansari yang terletak di kelurahan Patehan kecamatan Kraton. Bangunan tersebut di bangun pada tahun 1691 yang mempunyai sengkalan yaitu Lajering Sekar Sineseping paksi. dan bangunan tersebut selesai di bangun pada tahun 1758 di bangun pada kepemimpinan Sultan Hamengkubuwono I dan II. Model bangunan yang tercermin pada bangunan tersebut yaitu Cina, Eropa, Jawa, Portugis, dan Hindu. Komplek Tamansari tersebut mempunyai bangunan yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda untuk setiap bangunannya yaitu gedong sekawan yang di gunakan untuk menyimpan berbagai jenis gamelan, gapura panggung di gunakan sebagai tempat raja menikmati sajian tarian, sumur gumuling digunakan untuk tempat bewudu, umbul pamuncar digunakan untuk tempat mandi anak-anak raja, umul binangun di gunakan untuk tempat mandi raja, umbul panguras di gunakan untuk tempat mandi para selir raja, pulau panembung di gunakan untuk teempat bertapa raja, tangga lima digunakan untuk tempat adzan, urung-urung merupakan jalan rahasia yang di lalui raja menuju tempat pertapaan dan yang terakhir yaitu dermaga yang digunakan untuk tempat pemberhentian kapal-kapal.






     



 






    Tempat yang terakhir di tuju adalah Pusat Belanja Malioboro sekitar pukul 14.00 kami sampai di tempat tujuan. kami di beri waktu sekitar dua jam lebih untuk mengelilingi dan berbelanja di Malioboro. Bersama teman-teman kami menuju kesana dengan berjalan kaki. Sesampai di sana kami semua sibuk memilih barang-barang yang akan di beli, terkadang proses tawar menawar dengan pembeli berlangsung dengan asyik. Pukul 16.00 kami semua bersiap-siap pulang. sampai di sekolah sekitar pukul 17.35.

Itu lah Kegiatan Kunjungan Industri yang sudah di laksanakan dengan hati yang bergembira dan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar